05 Agustus 2008

Kampung Persahabatan (Persaudaraan)

Suasana Minggu pagi yang cerah dan tidak ada tambahan kerjaan di kantor, membuat gejolak untuk berjalan menelusuri jalanan muncul lagi dan akhirnya dengan kompromi keluarga yang memakan waktu tidak terlalu lama kami sepakat pergi ke Pantai. Kali ini yang menjadi tujuan adalah Pantai Ujung Batee yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Kota Banda Aceh kira kira 30 Km. Dalam perjalanan kira kira sudah dekat dengan tujuan tepatnya di Desa Neuhen Saya melihat dari tepian jalan raya terdapat begitu banyak rumah dengan warna kuning yang mencolok diatas perbukitan yang begitu tinggi dengan rasa penasaran yang tinggi akhirnya kendaraan saya belokan ke arah lorong menuju ke Perumahan tersebut dan Foto inilah yang kudapatkan.
Ternyata itu adalah "Kampung Persahabatan Indonesia Tiongkok" perumahan yang begitu apik tertata, view diatas bukit yang begitu menawan, jumlah rumah kurang lebih 600 Unit dilengkapi fasilitas umum yang memadai baik listrik, air, tempat ibadah, sekolah. Kampung persahabatan ini adalah Bantuan masyarakat China dalam membantu masyarakat Aceh pada saat gempa dahsyat yang menimbulkan tsunami Desember 2004.
Dengan melihat peristiwa tersebut sebenarnya setiap insan mempunyai jiwa penuh kasih sayang dan penolong untuk Saudaranya tanpa melihat Ras, Agama, Budaya. Hal tersebut sebenarnya merupakan salah satu sifat dasar yang melekat pada setiap manusia hanya saja saat ini kita tinggal mengukur sampai dimana kepekaan sifat itu pada diri sendiri ?

11 komentar:

Vidy mengatakan...

Hay mas Jenny Oetomo..
Aku setuju bahwa jiwa penuh kasih dan penolong adalah sifat dasar manusia. Sayangnya kadang sifat dasar itu ketutup yah, sama sifat lainnya.

Btw.. thx yah, udah berkunjung ke blogku.. ^_^

Djoko Wahjuadi mengatakan...

iya ya...'kasih' adalah energi bagi kita maupun bagi orang lain...asal konteksnya adalah 'mengasihi' bukan 'kasihan'

wiek mengatakan...

seandainya ada tempat seperti itu juga di Pekanbaru...pasti akan semakin indah dan berwarna kehidupan di sini

timur matahari mengatakan...

salam merdeka
saya tertarik dengan pembahasan pendidikan, khusunya pendidikan anak.. karakter seharusnya sudah terbentuk sejak dini
genereasi banyak yang melempem
ada apa dan kenapa?
mungkin sistem dan kurikulum pendidikan kita sudah tidak mengikat lagi( karakter anak sering melenceng dari apa yang dirancanakan) pendidikan indonesia tidak cukup kuat membuat anak yang berkarakter,indonesia yang setengah merdeka

meme story mengatakan...

kayanya enak bgt, pingin bisa kesana.. kalo aku berjodoh dngnya pasti bisa kesana ke aceh

meme story mengatakan...

enak bgt kayanya tempatnya, hmmm aceh...

meme story mengatakan...

hmmm enaknya aceh, pingin ke takengon..

Priscilla mengatakan...

wahh,,thanks infonya..
setuju dgn pendapat, kakak. setiap org memang punya kasih sayang dan menolong.. dan itupun tergantung diri manusia itu sendiri.. sesama manusia emank kudu saling bantu, kalo bukan kita siapa lagi?!
peace..

Panda mengatakan...

tulisan bagus broth, Panda paling suka kalimat ini nih..

Dengan melihat peristiwa tersebut sebenarnya setiap insan mempunyai jiwa penuh kasih sayang dan penolong untuk Saudaranya tanpa melihat Ras, Agama, Budaya

MERDEKA bung!!

koekoeh mengatakan...

wah keren juga nih kampungnya...
seandainya semua kampung di Indonesia seperti ini ^^!

Azhar Helmi Muttaqin mengatakan...

Ya sebagai manusia memang harus saling tolong menolong dan bekerjasama atau saling menolong, Allahpun telah memerintahkan kpd manusia utk saling tolong menolong dalam hal kebaikan dan juga dijadikan manusia berbangsa dan bersuku ditujukan untuk saling mengenal.
Salam


Berkumpul dengan Keluarga