30 Juli 2008

Peringatan Isra Mi'raj


Hari ini Tanggal 30 Juli 2008 Masehi bertepatan dengan Hari Libur Nasional peringatan Isra Mi'raj 1429 H mengingatkan saya pada waktu kecil saat guru ngaji cerita tentang Isra Mi'raj yang pada dasarnya Perintah Allah Swt kepada pengikut Nabi Muhammad Saw untuk melaksanakan sholat lima waktu. Sholat merupakan mi'rajnya seorang mukmin dan ajang mujahadah (upaya pendekatan diri) secara langsung kepada Allah Swt, tanpa harus melalui perantara siapapun.
Pertanyaan yang timbul dalam diri ini adalah :
Apakah aku selalu tepat waktu dalam memenuhi panggilanNya ?
Ya Allah ternyata aku masih banyak mementingkan kepentingan pribadi (duniawi) , ampunilah hambamu ini.

5 komentar:

Hadi jatmiko ( Malixs ) mengatakan...

makasih bung atas postingan komentar di blog ku kalo bung tidak berkomentar di blog ku, pasti aku tidak akan mengunjungi blog bung yang menyebabkan aku pasti tidak akan ingat bahwa hari ini adalah hari yang sakral bagi kita umat islam.

Azhar Helmi Muttaqin mengatakan...

Assalamu'alaikum Bung Jenny,

Makasih atas comment2nya di blogku, mengenai isra' mi'raj memang intinya adalah mengingatkan akan perintah sholat, dimana sholat itu maknanya sangat dalam sekali, baik mengenai konsep kejamaahannya sholat wajib di masjid2 sebagai cara hablun min annas dimana antara makmum dan imam ada kontak saling perhatiannya, dan juga yg tidak kalah penting adalah hablun minallah hubungan vertikal antara seorang hamba dengan Penciptanya secara langsung tanpa perantara siapa-siapa, hal ini dicontohkan Nabi SAW ketika mi'raj ke Sidratul Muntaha. Memang di zaman seperti sekarang ini untuk melakukan sholat Jama'ah di Masjid apalagi di daerah perkantoran yang jauh dari masjid, yang ada paling juga mushola yang sempit utk dengar adzan saja susah, untuk itu dari dalam diri kita masing2 harus menanamkan sikap untuk ingat bahwa jam sekian sdh masuk waktu sholat dan kita segera menunaikannya, belum lagi mungkin ego kita dengan kemalasan-kemalasan kita yang ingin selalu menunda waktu yang akhirnya waktu habis dengan cepatnya tidak terasa dikarenakan kita lebih mementingkan hal-hal yang bersifat duniawi dan melupakan urusan sholat kita yang nantinya akan ditanyakan pertama kali. Semoga kita selalu ingat dan menjadi hamba yang menyegerakan perintah agama ini.
Wassalam

hanggadamai mengatakan...

syukron pencerahannya

goresan pena mengatakan...

ini adalah pertanyaan yang rasanya harus dimiliki setiap orang... tidak terkecuali aku...

Multama Nazri mengatakan...

memang saat ini manusia hanya mengingat isra'mi'rajnya saja..
tanpa ada titik balik yang kita dapatkan...
tapi itu masih lebih baik daripada tidak kedua-duanya...
makasih atas postingan ini....
salam kenal ya mas


Berkumpul dengan Keluarga