22 Agustus 2008

Kare Kambing ala Banda Aceh

Pagi itu kami mengadakan family gathering di pantai Ujung Batee Banda Aceh , sesuai jadwal yang ditetapkan akhirnya satu persatu keluarga datang ke tempat tujuan dan sesuai acara kami melakukan sepak bola pantai, tapi rasanya berat banget bok karena lari diatas pasir tanpa alas kaki lagi alias nyeker so pasti keringat keluar banyak dan nafas ngos ngosan tapi bola entah lari kemana saya lari kemana.

Para ibu biasa duduk di bawah pohon rindang sambil bercengkerama dengan berbagai topik yang tiada habisnya, sedangkan anak anak dan rekan yang lainnya bermain di pantai sambil memandang Pulau sabang dari kejauhan yang tampak begitu indah dan menawan.


Waktu istirahat main bola, saya hunting ke dapur makanan untuk mencari menu utama apa yang di hidangkan siang ini, dan ternyata mata saya terbelalak dengan tempat yang begitu besar (belanga) dengan diameter kurang lebih 1 meter dan tingginya 0.5 meter yang berisi kare kambing. Setelah bertanya tertanya isinya 2 ekor kambing dan setelah kucicipi rasanya memang benar benar mantap dan yang aku agak heran disamping daging kambing terdapat sayur nangka dan pisang didalamnya yang belum aku jumpai baik di Surabaya, Palembang, Batam dan Medan dimana saya pernah tinggal disana. Dan yang paling khas adalah kuahnya terasa khas sekali karena Bumi Aceh terkenal rempah rempahnya.

Memang setiap daerah mempunyai masakan yang khas yang berbeda satu dengan yang lainnya dan cita rasa kadang membuat kita ingin kembali ke tempat itu lagi . Bagaimana dengan Anda?

17 komentar:

timur matahari mengatakan...

duh mas enaknya
kapan-kapan saya boleh mampir ya
pengen juga nyoba
indonesia terkenal dengan apa aja..
he..he...

Jenny Oetomo mengatakan...

Silahkan mampir, jika Bung ada acara di Banda Aceh, Salam

Hellen mengatakan...

Wah enak tuh bang....
Aku sering loh makan Mie Aceh.... Enak buanget.....
Ngomongin makanan jadi lapar nih :)

Ernita D mengatakan...

yummy...pasti pedes. kalo saya suka gulai kepala ikan dr aceh

thanks dah mampir di blogku

Multama Nazri mengatakan...

bisa dong nanti kita makan kari kambingnya mas...hehehe

goresan pena mengatakan...

kari kambing yah? hm...mertua ku suka banget masak yang begituan... maklumlah...orang melayu. sayang banget, aku ga begitu suka...
tapi, kalo' aku ke sana, boleh mampir dong...hehehe

dee mengatakan...

family gath skalian liat sunset ya mas.. udah pernah cobain coto makassar blom? enak bgt.. tp sama spt kare kambing, berlemak.. jd jangan banyak2 makannya.. :)

Vidy mengatakan...

Hehehehe.... betul... Kadang masakan yang 'judul'nya sama, di tiap daerah malah bisa beda rasanya.
Btw, ni kuali guede banget, bisa dijadiin kolam renang, hihiiii ;p

meme story mengatakan...

wah aceh.. pantainya indah dan kari kambingnya kayanya top.. tapi gue liat mas.. kalo disini kaya gulai gitu ya..

btw.. si beibs orang aceh... bisa ngga ya suatu saat bisa nginjekin kaki sampai sana..

imd mengatakan...

Jeny, jadi pingin ke Aceh utk mencobanya .... bagaiman rasanya jika dibandingkan dengan gule kambing muda di Palembang Jen ... pasti beda ya ??? (thanks komentarnya atas Sawit saya)

Elys Welt mengatakan...

wow...jadi membayangkan pedesnya, suka pedes sih aku

Andy MSE mengatakan...

wuuuuuuuuuuuuu.... uenak buangets.... jadi pengin nih!....

p3durungan mengatakan...

Wah saya doyan ama kambingnya tapi liat kuah merahnya saya jadi ngeri, maklumlah saya paling gak bisa makan pedes pedes :P

Rierie mengatakan...

wah..belum ke balikpapan yach..ada kepiting kenari yach enuakkk...pak bondan aja kemaren maem disitu... by the way..maaf mas..tadinya bunda kirain mbak..tau2nya mas jenny toch..hi.hi.hi

jefri rambe mengatakan...

... maknyussss ... kapan2 boleh juga dibawain ke Medan ya Mas ...

Mike.... mengatakan...

wahh..wah..kalo diriku sih dah kebiasaan ma masakan menado..hi..hi..nikmatnya tak terkira..:)

Arman mengatakan...

wah kare kambing.. menarik amat...
tapi mungkin lebih asik kalo gak pake nangka.. haha soalnya saya gak doayn nangka... :P


Berkumpul dengan Keluarga