27 Agustus 2008

(Meugang ) Meyambut Bulan Ramadhan

Setiap orang pastilah sangat senang kedatangan Tamu Agung demikian pula dengan Umat Islam karena dalam waktu dekat yang diperkirakan tanggal 1 September 2008 akan kedatangan tamu istimewa yaitu Bulan Ramadhan. Bagaimana masyarakat di Aceh meyambut Bulan yang penuh berkah dan ampunan itu ? Mungkin rekan-rekan pernah dengar kata "Meugang" (dibaca megang) apaan tu ? Meugang adalah tradisi ekspresi kegembiraan masyarakat Aceh meyambut dimulainya Ramadhan biasanya dilakukan 1 atau 2 hari sebelum Ramadhan. Di hari itu masyarakat Aceh wajib membeli dan memasak daging baik sapi atau lembu, jadi di hari itu suasana pasar ikanpun berubah menjadi penjual daging bahkan di pinggir jalan muncul penjual daging dadakan sehingga kebutuhan daging akan meningkat drastis dan harganya bok pasti selangit.


Jalanan dan kantor kantor biasanya sepi lengang , semua warung kecil besar pada tutup karena masyarakat pada membeli daging dan memasak baik untuk rendang, gulai, kare dan macam macam yang pada intinya digunakan santapan utama. Dengan meyambut Ramadhan dengan hidangan yang khas ini diharapkan secara phisik siap untuk menjalani puasa sebulan penuh dan tak kalah pentingya secara bathin juga dipersiapkan dengan matang. Apalagi bila makan disiapin kue kue tradisional seperti ini, pastilah mantap Bok .


Akhirnya sebagai insan yang tak luput dari kesalahan Saya mohon maaf lahir dan bathin untuk memasuki bulan suci ini dan Saya mengucapkan Selamat menunaikan ibadah puasa.

12 komentar:

timur matahari mengatakan...

wah enak donk mas... biasanya di daerah lain juga gitu mas. seperti di tempat saya,daerah kabupaten mandailing natal,tepatnya dikecamatan natal.. dua hari sebelum puasa masyarakat akan berburu daging untuk di masak dan dijadikan santapan sahur dan buka puasa, biasanya saya yang ngekos di medan kadang juga dapat kiriman jatah rendang dari kampung... he,,hee.. selamat menunaikan ibadah puasa juga ya mas. semoga bulan penuh rahmat ini kita bisa keluar menjadi pemenang..

perempuan mengatakan...

mas met menjalani puasa ya, di aceh kayaknya udah pada siap2 semua yach.. :D

hanggadamai mengatakan...

itu bikin laper ajah :(

Bunda Rierie mengatakan...

mohon maaf lahir bathin yach...met puasa... sepertinya puasa di aceh suasananya lebih meriah..ya..

Multama Nazri mengatakan...

saatnya kita membersihkan diri, luruskan niat...
saya juga mengucapkan mohon maaf lahir bathin....
selamat menjalankan ibadah puasa ya mas....
selamat menyantap makanaan meugang-nya...

Ernita D mengatakan...

jadi ngiler liat kue2nya. met menjalankan ibadah puasa yak

Andy MSE mengatakan...

selamat menjalankan ibadah puasa, mohon maaf bertamu tidak sopan... hihihi

meme story mengatakan...

hmmmm.. si beibs juga lagi mudik ke takengon untuk ikut meugang...

net puasa.. maaf lahir dan batin..

Andy MSE mengatakan...

cerita soal puasa mana?? ada nggak cerita soal makanan lagi?

goresan pena mengatakan...

kayaknya saya kenal deh dengan kue2 nya...

selamat menunaikan ibadah puasa yah pak...salam buat anak dan keluarga tercinta.
semoga ramadhan kali ini semakin mendekatkan kita ke jalan Allah SWT. amien.

Lyla mengatakan...

Wah enak nih kue2nya...

Selamat menunaikan ibadah puasa ya...

Ernut mengatakan...

wah daging yang bergelantungannya seksi banget menggoda yang berpuasa...bikin perut kukuruyuk nih...


Berkumpul dengan Keluarga