27 November 2008

Wabah Demam Berdarah


Mendengar nama penyakit ini, sudah ngeri apalagi kalau terkena bisa bisa modar kalau ngak cepat cepat tertolong. Akhir akhir ini Demam berdarah sudah mewabah di Banda Aceh dan sekedar info apa gejala awal demam berdarah sbb :

  1. Demam tinggi mendadak, >38° C, 2-7 hari
  2. Demam tidak dapat teratasi maksimal dengan penurun panas biasa
  3. Mual, muntah, nafsu makan minum berkurang
  4. Nyeri sendi, nyeri otot (pegal-pegal)
  5. Nyeri kepala, pusing
  6. Nyeri atau rasa panas di belakang bola mata
  7. Wajah kemerahan
  8. Nyeri perut
  9. Konstipasi (sulit buang air besar) atau diare

Kalau di Kantor sudah memakan korban, kawan satu ruangan sudah 2 orang terkena serangan Nyamuk Aedes Agepty namun karena masih gejala akhirnya rawat jalan saja, dan kemarin ada info dari rekan kerja melalui Flexi millist bahwa bahwa keluarganya terkena serangan penyakit demam berdarah yang berakibat trombositnya turun sehingga membutuhkan darah O. Mengingat persediaan darah golongan O di PMI sudah menipis akhirnya serentak kawan dan saya ikut berpartisipasi ikut menyumbangkan darah, kebetulan saya sudah lewat 6 bulan sudah tidak menjadi pendonor. Mudah mudahan rekan saya dapat tertolong dan yang terpenting adalah cara pencegahan demam berdarah harus terus dilakukan oleh Masyarakat Mandiri dan kalau ngak takut jarum dan badan sehat bantulah PMI dengan menyumbangkan darah Anda.

12 komentar:

djoko wahjuadi mengatakan...

..setuju mas..dg menyumbangkan darah, maka kita dapat saudara baru (saudara sedarah). Cegah dan bunuh jentik-jentik nyamuk dg garam abate mas...

Erik mengatakan...

Waduh, terus terang saya takut sama jarum suntiknya.

Nyamuknya itu malah suka di tempat yg bersih.

Linda Rooroh mengatakan...

hubby pernah kena DB dan sempat di rawat 1 minggu di RS, kata dokternya sih selama pasien gak kekurangan cairan tubuh (makan/minum cukup) tidak perlu terlalu kuatir. Trombosit yang turun terus memang ciri khas DB tp pada titik tertentu akan naik/normal lg. Jadi berbahaya setelah ada perdarahan ini yg br memerlukan transfusi ...

salam

Ayik dan Ernut mengatakan...

(ernut)
sehat memang sangat penting!

dee mengatakan...

semoga temennya mas jenny cepet sembuh ya.. alhamdulillah nyamuk aides aegepty blm pernah gigit saya.. jangan smpe deh.. sy pilih sehat walafiat..

goresan pena mengatakan...

wah, saya golongan darahnya gak sama e...ga bisa jadi saudara sedarah dong...hehe

Riema Ziezie mengatakan...

ikut berduka cita mas...semoga cepat sembuh dan senantiasa diberi kesehatan ya...oiy klu dah sembuh ada PR & award utk mas diambil ya

Fina mengatakan...

Om... ceper sembuh ya...

Lyla mengatakan...

wah belum sembuh ya mas...karena komentarku masih disimpen hehehe...

gus mengatakan...

cepet sembuh ya Kang. Btw, kalau sakitnya Demam Asmara ada ga ya tipnya....

meme story mengatakan...

mudah2an aja.. wabahnya ngga sampai solo ya.. yang udah kena mudah2an cepet sembuh...

nita mengatakan...

wah DB memang menyeramkan meski kayaknya sepele dan kita sering lupa membasmi nyamuk2 itu. ayah saya pernah opname krn DB..utk orang yg sudah tua penyembuhannya lebih lambat


Berkumpul dengan Keluarga