07 September 2008

Sudahkah Akal Digunakan ?


  • Mahkluk yang paling mulia adalah mahluk yang berakal
  • Akal adalah alat untuk menerima kebenaran, otak sebagai Dewan pertimbangan Agung, dan hati sebagai Dewan Penasihat Utama
  • Kaum Adam lebih mendahulukan akalnya daripada perasaannya, oleh karenanya ia suka berfikir dan bekerja
  • Kaum Hawa lebih mendahulukan perasaannya daripada akalnya, oleh karenanya ia cocok untuk mendidik anak dan menata keluarga
  • Ajari manusia untuk menggunakan akal agar memahami kebenaran, tetapi jangan mengajari manusia untuk mengakali kebenaran
  • Orang yang tidak bisa menggunakan akal sehat adalah orang pandir ; sedangkan yang tidak mau menggunakan akal sehat adalah orang mabuk
  • Orang yang tidak menggunakan akal sehat lebih rendah derajatnya daripada yang tidak punya akal
  • Menghadapi sesuatu masalah jangan kehilangan akal, apalagi berubah akal
(sumber : mutiara hikmah)

21 komentar:

elys welt mengatakan...

ada berapa kata "akal" dlm postingan ini ? :D

kenapa kalau orang lagi mabuk kepayang atau lagi patah hati sering kehilangan akal sehatnya ?

Hellen mengatakan...

Kadang akal masih bisa terkalahkan dengan emosi.... 2 bagian dari diri manusia yang kadang berat sebelah....
Ketika emosi sudah angkat bicara, akal malah dibiarkan tidur...
Mudah2an saya dan kita semua bisa menjadi manusia2 berakal sehat hehe :)

namaku wendy mengatakan...

hehehe jadi sempurna deh tu ada Adam&Hawa, saling melengkapi hehehe;)

Lyla mengatakan...

kadang kalo lagi emosi udah gak pake akal lagi, main bag bug pukul2an aja hehehe

Multama Nazri mengatakan...

hanya bagian itu yang menjadikan posisi manusia di dunia ini mulia...karena itu bagian vital wajar memang itu sangat susah untuk dikendalikan/dilakukan. Tapi sebagai manusia seharusnya pula kita trus melakukan sesuatu dengan akal dan hati agar kita mendapatkan rasio, yang saya pikir lebih maksimal nanti hasilnya.
Nasehat yang baek mas....

Bunda Rierie mengatakan...

tapi kadang2 akal kita enggak kepake kalo udah dirsuki setan ya khan? yakhan?

Ernita D mengatakan...

adalah akal (sehat) yg membedakan manusia dg hewan. jadi jika insan normal bertindak tanpa memakai akal maka ia bisa disamakan dengan hewan, termasuk para koruptor itu

Antown mengatakan...

akal itu posisinya dimana ya? otak kiri atau otak kanan?

Duniafien mengatakan...

kl dlm psikologi kepribadian,yg paling jahat adl ego...kl udah ego yg mendominasi diri kita, maka takkan ada lg celah untuk akal sehat kita..bahkan takkan mampu lagi kita menerima advice dr sekitar kita...

Erik mengatakan...

Akal... yang membedakan manusia dengan hewan. Musuh akal adalah nafsu. Jika akal dikalahkan nafsu, maka derajatnya lebih rendah daripada binatang.

gus mengatakan...

sepakat dengan mBa ernita.

Andy MSE mengatakan...

Bung Jenny ini pantesnya jadi ustadz saja.. kapan2 aku undang deh ke mushola kampungku untuk memberikan ceramah... hehehe

goresan pena mengatakan...

akal...
karena akal lah, banyak orang terombang ambing dalam pencarian dirinya. Tuhan menciptakan manusia, dengan akal, untuk mencari diriNya..
dia tidak menciptakan robot yang hanya manut..

salam

kapanpun mengatakan...

setinggi-tingginya akal kaau tidak dibarengin dengan hati akan SIA-SIA JUGA

dee mengatakan...

intinya jangan kehilangan akal sehat ya mas..
klo smakin banyak org yg pake akal sehat, saya jamin, hidup ini bakal lebih aman, nyaman, tentram, dan damai seperti yg disebutkan dlm buku PPKN :D

novie mengatakan...

Aduh..pak Jenny kayaknya cocok jadi penulis nih,,,ada bakat terpendam ya..

Ayik dan Ernut mengatakan...

Yang berakal jangan suka ngakalin atau akal-akalan yak! (ernut)

Erik mengatakan...

Hati... asal mulanya terjadinya perbuatan, karena adanya niat di dalam hati.

Otak... gudangnya memori segala informasi, yang baik dan yang buruk.

Akal... mempertimbangkan dan memutuskan apakah niat tadi akan diwujudkan dalam bentuk perbuatan atau dibatalkan.

Karena itu sebagaimana kita rajin membasuh dan memandikan raga kita, mari kita rajin membasuh dan memandikan hati kita.

Semoga kita bisa konsisten mnyelaraskan antara hati, pikiran dan perbuatan dalam sebuah kebaikan.

Panda mengatakan...

ternyata bisa di SEO kan yah ? :D

nice post broth :)

timur matahari mengatakan...

akal dan hati
akankah disitu kedamaian akan tercipta jika keduanya sejalan?

meme story mengatakan...

ya.. semoga akal bisa buat saya lebih bijaksana menjalani hidup


Berkumpul dengan Keluarga