20 September 2008

Jangan Takut - Jangan Pernah Menyesal

Di suatu desa yang terpencil, ada seorang pemuda yang ingin pergi mengembara ke suatu negeri untuk mengubah nasib. Menjelang berangkat, muncul di hatinya perasaan takut, cemas, dan ragu. Untuk memantapkan tekadnya, pergilah sang pemuda ini menghadap sesepuh desa untuk memohon restu, sekaligus berpamitan. Mendengar niat pemuda ini sesepuh desa dengan gembira berkata : " Anakku, Aku akan memberimu nasehat , dan hari ini aku berikan setengahnya dulu sebagai bekal kepergianmu." Lalu sang sesepuh menuliskan tiga kata yaitu Bu Yao Pa yang artinya Jangan Takut!

Waktu terus berjalan, beberapa tahun sudah dilalui berbagai macam suka dan duka telah dijalani sang pemuda tadi. Dengan modal kata bijak "Jangan Takut" segala peluang dan tantangan dihadapinya dengan keyakinan dan keberanian. Dengan sikap mental yang luar biasa akhirnya ia berhasil mengubah nasibnya. Pemuda itu kini menjadi seorang yang sukses.

Namun dalam segala keberhasilannya, ia merasa ada sesuatu yang kurang sempurna dan bingung mengapa tidak dapat memecahkan permasalahan tersebut. Disaat pikirannya kalut dia teringat akan sesepuh desa, bukankah sesepuh desa tsb. masih menyisakan separuh kata bijak lagi yang akan diberikan kepadanya. Maka dia memutuskan untuk berangkat menemui sesepuh desanya, dan ternyata sesepuh desanya telah tiada namun dia telah mempersiapkan memberikan surat wasiat kepadanya. Sesampainya di rumah surat wasiat tsb. dibuka yang bersisi kata bijak Bu Hou Hui yang artinya Jangan Pernah Menyesal, dan setelah membacanya barulah pemuda itu menyadarinya bahwa segala sesuatu yang terjadi jangan pernah disesali tetapi dengan bekal semangat dan ilmu yang tinggi berusaha untuk meyongsong tantangan kedepan.

Kita menilai diri dari apa yang kita pikir bisa kita lakukan, padahal orang lain menilai kita dari apa yang sudah kita lakukan. Untuk itu apabila Anda berfikir bisa, segeralah lakukan.
(Sumber Wisdom success)

11 komentar:

nita-BLOGGERNITA mengatakan...

kode pd paragraf terakhir ada artinya?

jangan pernah menyesali apa yg telah terjadi pd diri dan hidup

kalimatnya begitu gampang, tapi menerapkannya...wah bagi saya sulit sekali

met wiken!

elys welt mengatakan...

yap ... jangan pernah menyesal, yang lalu biarlah berlalu, tatap ke depan, tapi yaitu ... semuanya butuh waktu nggak selalu bisa seketika

Erik mengatakan...

Yup setuju.. jangan takut untuk memulai. Yakin..tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini.
Salam

meme story mengatakan...

tulisan ini seperti menasehati saya juga.. thx sudah nilis ini bermanfaat unt saya

Ernut mengatakan...

Jangan takut, jangan menyesal..dunia ini sekedar panggung...

taliguci mengatakan...

wah.. mencerahkan dan menyemangati..

Andy MSE mengatakan...

Seringkali saya selalu merasa bisa mengerjakan apa saja, tapi, yang bener-bener dikerjakan ya yang ada di depan mata.

*sesuai pengalaman, apa yang ada dalam tulisan sampean betul sekali..
keep semangat!...

timur matahari mengatakan...

mas pencerahan lagi
universitas lehidupan ini luas sekali
jika tidak dimulai
kapan akan sampai
omong kosong untuk finish
start saja belum dimulai
tidak ada yang "tidak mungkin"
yang ada "belum mungkin"

coffeeoriental mengatakan...

Nice inspiration :-)

Bunda Rierie mengatakan...

bener bnget mas... bunda aja buka toko gagal, jualan voucher gagal, jualan baju gagal..(ha.ha kebanyakn gagalya) tapi tetep semngat mau bisnis apa lagi yaaa???

tjonjo mengatakan...

keren banget...pokoknya hajar dulu, sisanya serahkan kepada yg MAHA mengatur..., karena yang DIA berikan adalah yg terbaik buat kita...percayalah


Berkumpul dengan Keluarga