06 Juli 2008

Waktu "Siang & Malam"

Didalam kehidupan ini ada dua perbedaan yang sangat mencolok dan saling melengkapi misal laki laki - perempuan, kaya - miskin, hidup - mati, gembira- duka, siang - malam, dan saya yakin kita pernah mengalaminya pada kondisi tersebut dan bagaimana cara kita mensikapinya pada keaadan tersebut. Bangun tidur kuterus mandi , tidak lupa menggosok gigi itulah sepenggal syair lagu yang masih saya ingat dan memang benar mengawali pagi dengan ceria akan menentukan aktivitas kita sepanjang hari. Tubuh dan pikiran kita memiliki jam-jam fisiologis alamiah untuk segala sesuatu spesifikasi aktivitas. Nah jam-jam pagi antara pukul 9 hingga 11 adalah waktu puncak kreativitas. Artinya jam-jam tersebut otak Anda dipenuhi berbagai inovasi, buah pikiran dan optimal untuk mengarahkan diri Anda agar produktif. Jadi setelah Anda mengetahui hal ini, isilah jam-jam kreativitas Anda dengan sesuatu yang produktif.
Tiba saatnya bila sudah larut malam tubuh kita membutuhkan istirahat agar vitalitas tubuh kembali normal dan sel sel yang rusak dapat diganti. Menurut para ahli tidur seseorang dipengaruhi oleh usia, pekerjaan dan temperamen, bayi dan anak anak tentunya membutuhkan waktu istrirahat yang lebih lama dari pada orang dewasa. Namun pada jaman modern terjadi fenomena yang lain dari pada yang lain yaitu pada malam hari hampir disetiap kota besar kehidupan malam baru mulai, lampu lampu metropolis sudah bergelapan menandakan pesta malam baru dimulai dan didalam rumah pastilah anggota keluarga menonton televisi sampai larut malam dan terkadang menjelang pagi. Kalau kita mau berfikir dengan jernih bahwasannya yang mencipatkan manusia sudah menggariskan bahwa "malam hari digunakan untuk beristirahat dan disiang hari untuk mencari penghidupan" . Apakah kita mau melawan yang Maha membuat aturan ?

7 komentar:

goresan pena mengatakan...

wah, tulisan ini seakan menyinggung apa yang aku alami hari ini. tadi malam karena sulit tidur, aku habiskan dengan menonton, sambil menulis ditemani 7 gelas kopi tanpa gula. hasilnya, aku semakin sulit tidur. tapi aku paksakan juga, hingga jam 1/2.4 baru bisa terlelap. dan subuh jadi bablas.. bangun pagi, tentu dengan tidak fit. tidak sempat sarapan pagi karena terburu2,banyak kesalahan dan keributan yang mengawali hari. ahhh, tulisan ini menyadarkan aku, takdir tidak perlu dilawan...

Pinkina mengatakan...

kalo misal di negara yang siang dan malamnya gak seimbang gimana Pak ? apakah tulisan Anda masih berlaku bahwa "malam hari digunakan untuk beristirahat dan disiang hari untuk mencari penghidupan", kalau waktu malamnya lebih panjang gimana? ato waktu siangnya yang lebih panjang ???
salam kenal

Coretan Anak Batam mengatakan...

Iya..ya...
Kayaknya dah ditegur ma Pak Jenny nih,...malam buat istirahat so...go to sleep deh...

btw, thank's banget dah kunjungi blog-nya anak batam meski bukan asli batam hehehe...

Djoko Wahjuadi mengatakan...

Itulah, jangan pernah mencoba melawan takdir, apalagi menyalahkan takdir...karena yg terjadi pada kita hari ini, adalah yg terbaik, yang telah ditetapkan oleh-NYA. Lahir, Mati dan 'sulit tidur malam' adalah bagian dari takdir kita dan kita harus menikmati dan mensyukurinya dengan berterima kasih.

perempuan mengatakan...

kalo saya seh emang ga bisa di ajak melekan pak, jam 9 keatas mata bawaan nya pengen merem aja >__<

Hidupp tidurr... ( dimlm hari )

nash mengatakan...

salam singgah...kenalan di indonesia ye...salam kenalan

syafii mengatakan...

yah bagaimana kalau seandainya kita mendapat perkejaan yang sampai dini harii...???

pekerjaan juga merupakan kewajiban..!!
di dalam hidup, memeng sudah ditentukan pembagian waktu yang pas...!!

kita diberi waktu 24 jam..

sebagai manusia kita dapat membagi-bagikan waktu tersebut pastinya..!!

salam kenal ya mass...!!!


Berkumpul dengan Keluarga