27 April 2008

Jembatan SuraMadu



Apabila mendengar kata"SuraMadu" langsung pikiranku melayang Provinsi Jatim (Jawa Timur) karena SuraMadu adalah nama Jembatan yang menghubungkan Kota Surabaya dan Madura. Jembatan ini tak kunjung selesai seingatku jembatan ini mulai dicanangkan pada saat pemerintahan Presiden Habibie dan sampai sekarang pemerintahan SBY juga belum kelar. Memang untuk membangun jembatan ini harus menghadapi tantangan yang banyak sekali disamping Anggaran (Indonesia dilanda Krisis 1998) , pembebasan tanah, serta pro dan kontra dengan masyarakat.
Memang saat ini untuk arus lalu lintas Surabaya ke Madura atau sebaliknya dilakukan dengan Kapal Ferry dan traffiknya sangat padat. Pada saat kami pulang kampung kemarin kami berjalan ke Pantai Kenjeran Surabaya untuk melihat ikan Hiu tutul yang terdampar dipantai tsb, dan karena penasaran ingin melihat jembatan SuraMadu dari dekat akhirnya kami teruskan menuju lokasi untuk melihat sampai seberapa pesat pembangunn jembatan tsb (hasilnya dapat dilihat pada foto diatas). Jembatan SuroMadu dibangun dari dua sisi yaitu dari Kota Surabaya dan dari Madura.
Akankah jembatan tersebut selesai di akhir pemerintahan SBY di tahun 2009 ini, dan bagaimana kesiapan masyarakat Madura yang agamis terhadap dampak sosial, budaya menhadapi pola kehidupan industrialisasi dan konsumtif seperti kota Surabaya ?, mudah mudah pembangunan ini mempunyai efek yang sangat bagus bagi perekonomian kedua kota tsb.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

bisa mendapatkan foto jembatan suramadu yang terbaru 29 oktober 2008 ?
trim


Berkumpul dengan Keluarga