27 April 2008

Becak Pancal


Becak merupakan salah satu alat transportasi untuk kalangaan masyarakat kecil, di Jakarta Becak sudah dihapuskan pada saat pemerintahan Presiden Soeharto dan besi tuanya diceburkan ke laut untuk dijadikan rumpon.

Kalau di kota di Jakarta becak sudah tidakh beroperasi lain halnya dengan kota-kota besar Indonesia misal kalau di Medan dikenal dengan sebutan Betor (Becak Motor) dimana penumpang berada di samping kiri Abang becak, lain lagi dengan Kota Surabaya penumpang berada di depan sedangkan Abang becak berada dibelakang penumpang dengan mengemudikan setir yang terbuat dari pipa yang panjang dan agar berjalan dengan sempurna maka tak lupa kaki menggayuh pedal (Lihat foto diatas).

Kalau di medan sesuai dengan namanya Betor (becak motor) tenaganya menggunakan motor atau mesin dengan bahan bakar bensin, tetapi kalau becak pancal tenaganya memakai otot kaki manusia alias "nasi pecel", makanya kalau naik becak kalau bisa ngak usah nawar sekalian bantu orang ngak punya.

Jika anda pernah singgah di Kota Batam transportasi ini tidak akan dijumpai karena contour tanah yang tidak rata alias naik turun penuh perbukitan hal tersebut menyebabkan tranportasi ini dirasa kurang nyaman dan aman, lagi pula kalau benar benar ada becak pancal ini di Kota Batam pastilah Abang becaknya pada sakit wasir dan penumpangnya pada jantungan. Apakah anda ingin naik becak ? Cobalah dipagi hari atau senja hari sambil keliling tepian kota yang mempunyai sejarah karena dengan naik becak kecepatan tidaklah secepat naik kendaraan bermotor sehingga Anda dapat merangkai memory yang pernah anda kenang sepanjang jalan tsb.

1 komentar:

subhan mengatakan...

Becak kalo di aceh lebih pas disebut BMW alias becak mewah..habis , mahal sih...hehehe..Betul Mas, becak itu bagiku kenderaan kenangan. Berjasa banget saat PDKT dengan mantan pacar yg saat ini sdh dirumahku..hehe


Berkumpul dengan Keluarga