17 April 2009

Gaya Hidup "Konsumtif"

Pada Jaman sekarang, hampir setiap orang tidak terlepas dari hutang dan memang istilah ngutang (maaf bukan Kutang) saat ini tidak populer namun untuk ngetren diganti menjadi kredit tetapi itu sama juga dengan mengutang. Hampir setiap barang dapat dibeli dengan sistem kredit baik rumah, mobil, baju, handphone dll, dan apalagi saat ini hampir setiap orang mempunyai Kartu sakti yaitu "Kartu Kredit" yang kegunaannya para pemilik kartu ini ketika belanja di pusat pusat perbelanjaan cukup dengan menggesekannya, dan tanda tangan maka barang belanjaan sudah dapat dibawa pulang. Gaya hidup ini sudah menjadi "in" karena tidaklah bonafide seseorang kalau tidak mempunyai Kartu Kredit dan juga kita sangat dimanja dengan kemudahan untuk berhutang.

Pertanyaan yang sangat mendasar adalah apakah semua barang yang ada di pusat perbelanjaan kita butuhkan semua seolah olah kita menjadi kemaruk untuk memilikinya dengan cara mudah lagi. Dan biasanya penyesalan timbul di akhir yaitu pada saat tidak dapat mengangsur tagihan tersebut bahkan debt collector krang kring telepon melulu dengan kata kata yang sadis. Sudah siapkah untuk hal tersebut, pikirkanlah terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli barang!
Lebih baik gemar menabung daripada gemar berhutang.

8 komentar:

ARIEF FIRHANUSA mengatakan...

Ada tetangga saya yang dari mulai sandal hingga kulkas dibeli dari cara mengangsur. Seminggu bisa 4 kali ada tukang tagih datang ke rumahnya. Saya kasihan bercampur gemas.

ernut mengatakan...

belilah apa yg kamu perlukan, bukan apa yg kamu inginkan....

ernut mengatakan...

belilah apa yg kamu perlukan, bukan apa yg kamu inginkan....

goresan pena mengatakan...

hahaha...saya tertawa membaca komentar mas arief..

entah kenapa yah mas, warga RI ini kok yah konsumtif banget, mungkin termasuk saya juga..

konon, ada yang bilang kalau negara kita ini negara miskin yang butuh dibantu, tapi kok yah, setiap ada mobil keluaran terbaru, pasti banyak yang inden..
memang aneh..

Erik224919 mengatakan...

Hemm warga Amerika malah lebih konsumtif lagi dari warga RI. Saya pernah baca tulisan jeng Nita mengenai bagaimana konsumtifnya warga Amerika.

Akhirnya disaat resesi ekonomi, mereka pada melego barang barang mereka.

Intinya, belilah sebatas yang menjadi kebutuhan kita ya

anita mui mengatakan...

Hindari hutang sebisa mungkin,jika ada keinginan memiliki barang,makabersabarlah sampe uang terkumpul...klo udh terbiasa berhutang dr yg kecil2 suatu saat pasti akan berani berhutang dlm jumlah yg besar... bisa gawat deh klo sampe gk kuat bayar,,celanapun bisa dijual nantinya..hhee

tikno mengatakan...

Kata pepatah,
musuh terbesar manusia adalah melawan hasrat diri sendiri.

Pensil mengatakan...

Gaya Hidup "Konsumtif" ini yang menyebabkan para pejabat korupsi.


Berkumpul dengan Keluarga