17 Maret 2009

Kemampuan Otak Serangga



Pernah lihat seekor lebah, yang terbang begitu lincah. Berapa banyak sel otak yang dimiliki oleh lebah untuk "memproduksi" semua perilakunya ? Bukan beberapa juta seperti yang diduga oleh banyak orang, tetapi hanya beberapa ribu. Marilah kita bandingkan dengan jumlah sel otak manusia :

Jumlah sel otak lebah : 10.000
Jumlah sel otak manusia : 1.000.000.000.000 (satu trilyun)
Persentasi sel otak lebah: sel otak manusia : 1/100.000.000

Dengan beberapa ribu sel otak, yang merupakan satu per 100 juta volume sel otak manusia, apa yang dapat dilakukan oleh seekor lebah ?

Dengan beberapa ribu sel otak,lebah dapat:
1. Membangun, Lebah adalah salah satu arsitek besar di dunia serangga. Mereka membangun "gedung gedung bertingkat" yang rumit dan kompleks sehingga dapat ditinggali oleh seluruh komunitasnya.
2. Merawat anaknya
3. Mengumpulkan serbuk sari dan informasi
4. Berkomunikasi. Melalui gerakan,suara, dan sikap tubuh lebah dapat saling mengkomunikasikan informasi yang rumit tentang lokasi dan jenis tanaman yang sedang bersemi.
5. Menghitung. Lebah dapat menemukan kembali benda benda pilihannya dengan mengingat jumlah hal hal yang menonjol di dalam perjalanan menuju tujuan yang diinginkannya.
6.Menari. Ketika kembali ke sarangnya, lebah melakukan sebuah tarian yang kompleks untuk menyampaikan pesan tentang lokasi dan informasi navigasi tentang penemuan baru.
7. Membedakan lebah lainnya.
8. Makan
9. Berkelahi. Bukan sekedar berkelahi, tetapi berkelahi dengan keras,terfokus, cepat, dan berkoordinasi dengan "perlengkapan perangnya".
10. Terbang
11. Mendengar
12. Belajar
13. Hidup di dalam sebuah masyarakat yang teratur dan berfungsi dengan benar (bandingkan dengan perilaku kita)
14. Membuat keputusan. Lebah dapat membuat memutuskan untuk mengubah suhu sarangnya, mengirim atau tidak mengirim informasi, untuk berkelahi atau bermigrasi.
15. Navigasi. Dalam skala kecil, lebah setara dengan pesawat terbang yang canggih. Bayangkan ketika lebah mendarat di atas sebuah daun yang bergoyang di angin yang kencang.
16. Memproduksi madu.
17. Mengatur suhu. Ketika sarang menjadi panas, sekelompok lebah akan bekerja sama mengatur suhu sekitar sepersepuluh derajat dengan menggunakan sayap sayap sebagai kipas angin besar sehingga angin sejuk bisa mengalir sampai dicapai suhu yang mereka inginkan.
18. Mengingat.
19. Reproduksi
20. Melihat termasuk cahaya ultraviloet
21. Mencium Bau
22. Berkerumun dalam formasi yang lebih canggih daripada yang dilakukan oleh skuadron jet tempur
23. Mengecap
24. Berfikir
25. Menyentuh

Jika seekor lebah dapat melakukan semua ini hanya dengan beberapa ribu sel otak, apakah kita menggunakan dengan baik satu trilyun sel otak kita ?

10 komentar:

Erik17393 mengatakan...

Sangat sedikit sekali potensi kemampuan otak kita yang dimanfaatkan.

Menurut penelitian, maksimal hanya 2 persen saja yang digunakan manusia.

Kebanyakan memori otak kita dipenuhi oleh memory sampah, berupa kenangan buruk masa kecil.

Nice post Sobat

Jenny Oetomo mengatakan...

@erik, benar sekali Riks, bahwa otak manusia yang digunakan baru 2% dan yang perlu diingat lagi bahwa kalau kalau di Komputer dikenal Garbage in, Garbage out namun di otak manusia lebih mengerikan yaitu Garbage in, Garbage grows, maka berfikirlah positif, Salam

namaku wendy mengatakan...

terlalu banyak jumlah selnya malah bikin manusia bingung mo berlaku yg mana dulu hehehe jadinya malah gak optimal deh tu pemanfaatannya *malu aku malu pada seekor lebah*:)

Diary Pink mengatakan...

baca sambil manggut-manggut :) sel otak manusia banyak banget makanya jadi suka ruwet hehehehe

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

tapi kita gak bisa terbang kyk lebah ya?

goresan pena mengatakan...

otak manusia kadang mirip otak udang...hihi... udang punya otak ga yah??

ehm...setau saya, stimulus juga berperan penting dalam respon otak...
apakah nantinya hanya mampir sebentar di thalamus atau kan akan mengendap di korteks...

timur matahari mengatakan...

apa kabar mas?
pembahasan ilmiah

mommy adit mengatakan...

Saya pernah ikut acara review bukunya Shifu Yonathan Purnomo yang judulnya "Mengenal Rahasia Kecerdasan Otak". Kebanyakan manusia hanya menggunakan salah satu otaknya. Jika otak dilatih, hasilnya akan luar biasa, melebihi kecanggihan komputer. Shifu sendiri bisa menghitung perkalian 13 digit angka dikali 13 digit angka tanpa menggunakan alat bantu karena otaknya dilatih.

ernut mengatakan...

maha besar Allah!

DE mengatakan...

di kebonku banyak sekali lebah mas, cakep2 ^_^


Berkumpul dengan Keluarga